JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Efektivitas Media Audio-Visual terhadap Keterampilan Menyimak Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Peserta Didik Kelas V SD

Nabila, Salma (Unknown)
Winanto, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio-visual dan media konvensional terhadap peningkatan keterampilan menyimak peserta didik kelas V SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design dengan subjek penelitian seluruh pesera didik kelas V SD Negeri Plumbon 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media audio-visual dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan media konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji prasyarat menunjukkan kedua kelas homogen dan berdistribusi normal. Uji t menggunakan uji t Independent Sample Test yang menunjukkan thitung 3,255 dan siginifikan 0,003 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukkan media audio-visual lebih efektif dibanding dengan media konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...