JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 2 Aku Anak Mandiri untuk Meningkatkan Minat Belajar

Nugrahani, BrigitaBrigita Onny Arum (Unknown)
Winanto, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang menggunakan teknologi masih terbatas, Peserta didik membutuhkan media pembelajaran inovatif yang mampu mendukung kegiatan pembelajaran aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas media pembelajaran intersaktif berbasis powerpoint serta mengetahui efektifitas produk menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam belajar. model yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power point dikembangkan dengan model RnD oleh Sukmadinata. Terdapat 3 tahap, 1) Studi Pendahuluan;2) Pengembangan produk; dan ke 3) Pengujian produk. Penelitian ini dilakukan sampai uji terbatas. Kelayakan media dari validator media mendapat presentase 91,67% dengan kategori sangat layak dan validator materi mendapat presentase 91,67% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji terbatas penilaian guru mendapatkan presentase sebesar 91,25% dengan kategori sangat layak dan uji terbatas dengan peserta didik mendapatkan presntase sebesar 94,25% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validitas dan uji terbatas media dinyatakan sangat layak dan dapat di aplikasikan dalam pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...