JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peran Guru pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Ardiansyah, Ardiansyah (Unknown)
Mahmud, Melizubaida (Unknown)
Panigoro, Meyko (Unknown)
Hafid, Radia (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Efek yang ditimbulkan pada pemebelajaran online berakibat pada learning loss pada peserta didik. Penurunan kasus positif covid-19 di kabupaten gorontalo serta upaya untuk mengurangi learning loss pada peserta didik dilakukan dengan melaksanakan pembelajran tatap muka terbatas. Pelaksanakaan pada pembelajaran tatap muka terbatas harus ada penyusaian dan beradaptasi pada kondisi new normal covid-19. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengatahui peran guru sebagai variabel intervening dalam memediasi pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadapa hasil belajar peserta diddik masa new normal covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi lapangan dan konfirmatori. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Partial Least Square. Alat bantu software yang digunakan Smart PLS 3.3.2. Penelitian dilakukan di SMK 2 Paguyaman kabupaten Gorontalo, teknik pengumpulan data dengan purposive sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dapat memediasi pengaruh hubungan pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik di SMK 2 Paguyaman Kabupaten Gorontalo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...