JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Fungsi Pemberdayaan oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren

Tunnaja, Wan Safina (Unknown)
Mubarak, Adil (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya dalam mensejahterakan masyarakat melalui dukungan dan fungsi pemerintah untuk meningkatkan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren dan untuk mengetahui kendala pemerintah dalam menjalankan fungsinya. Ada tiga fungsi pemerintah yaitu sebagai regulator, dinamisator, dan fasilitator, lalu kendala pemerintah dalam menjalankan fungsinya terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta melalui tahapan penelitian yaitu dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan teknik triagulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat berupa kebijakan, pembinaan/pelatihan dan pendampingan, serta fasilitas dari pemerintah masih masih belum memadai dan belum merata. Kemudian untuk kendala pemerintah yaitu terbatasnya anggaran/dana, kualitas SDM yang masih rendah, serta kurangnya tenaga ahli. Kendala dari masyarakat adalah kurangnya minat wirausaha, lambatnya perkembangan teknologi, serta rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan. Untuk itu seharusnya pemerintah agar lebih memperhatikan masyarakat dengan memberikan sosialisasi baik berupa pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan semangat serta mendorong minat wirausaha guna untuk menambah pendapatan masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...