JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peranan Keluarga dalam Pendidikan Anak Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bima

Irfan, Irfan (Unknown)
Azmin, Nikman (Unknown)
Arifuddin, Arifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Masa Pasca pandemi covid-19 menyebabkan peran keluarga dan orang tua dalam proses pendidikan anak menjadi semakin penting dan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis mengenai peran keluarga dalam pendidikan anak.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Sumber data adalah sumber primer adalah orang tua baik ayah maupun ibu yang didekati dengan teknik purposive dan dilanjutkan dengan snowball. Data selanjutnya divalidasi dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 Fungsi peranan utama keluarga dalam pendidikan anak, yaitu: Fungsi edukatif, Fungsi keimanan, Fungsi perlindungan, Fungsi sosialisasi; Fungsi afeksi, Fungsi ekonomi dan Fungsi rekreasi. Orang tua perlu melakukan adaptasi atau penyesuaian diri dengan kondisi baru, sehingga orangtua dapat menjalankan peran-perannya dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...