Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel

STUDI DAMPAK PENGGUNAAN DANA ASPIRASI LEGISTATIF MANAJEMEN PENGELOLAAN UMKM JAJAN TERHADAP DIPANG DAN KERUPUK NASI DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DAERAH

Mustaram, Ismail (Unknown)
Saleh, Muhammad (Unknown)
Yamin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Studi Dampak Penggunaan Dana Aspirasi Legistatif Terhadap Manejemen Pengelolaan UMKM Jajan Dipang dan Kerupuk Nasi Di Kecamatan Alas dan Alas Barat). Tujuan penelitian ini terdiri dari tiga yaitu 1) untuk mengetahui manajemen pengembangan UMKM jajan dipang dan krupuk nasi melalui penggunaan dana aspirasi di kecamatan alas dan alas barat, kabupaten Sumbawa, 2) untuk mengetahui dampak covid-19 terhadap pengembangan UMKM jajan dipang dan krupuk nasi di kecamatan Alas, dan Alas Barat, dan 3) untuk mengetahui strategi pembinaan UMKM jajan dipang dan krupuk nasi setelah terdampak covid-19 di kecamatan Alas dan Alas Barat. Jenis penelitian ini adalah fieldresearch atau penelitian lapangan. Penelitian ini di lakukan di desa Labuhan Alas dan desa Mapin Kebak, Kecamatan Alas dan Alas Barat. Penelitian di mulai dari bulan Juni sampai Desember 2021. Informan penelitian ini yaitu pelaku UMKM jajan dipang dan kerupuk nasi sebanyak 6 informan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data di analisis dengan pola deskriptif kualtitatif. Hasil penelitian yaitu sejarah tentang berdirinya UMKM jajan dipang pada tahun 1965, dan UMKM kerupuk nasi pada tahun 2002, kemudian hasil penelitian lanjutan yaitu 1) Pelatihan kemasan produk, 2) Pelatihan aspek hukum (sertifikasi halal), 3) Pelatihan manajemen pemasaran, dan 4) Pelatihan manajemen produksi, dan Dampak dari dana aspirasi terhadap UMKM jajan dipang sebelum penggunaan dana hanya dapat memproduksi jajan dipang 60 kg beras perhari, setelah menggunakan dana aspirasi jumlah produksi meningkat 300 kg beras memproduksi 1 sak terigu, namun setelah menggunakan dana aspirasi jumlah produksinya meningkat menjadi 10 sak terigu. Kata Kunci : Manejemen, Pengelolaan, dan UMKM

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manajemen_pelayanan_hotel

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel (JMPH) is a journal that publishes results of tourism and hotel studies researches. All articles in JMPH have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. JMPH is published by Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia twice a year, June ...