Jurnal Sintaksis : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Sintaksis

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Pada Materi Sistem Respirasi Di Kelas XI SMA Bintang Langkat

Haryati (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)
Tedy Putra (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)
Bunga Widya Lestari (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem respirasi dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan control group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Bintang Langkat. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Pengelompokan sampel terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas XI-2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen pada sekolah XI SMA Bintang Langkat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 33 soal pretes dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajarn guided discovery mengalami peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Sintaksis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sintaksis adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintaksis terdiri dari empat rumpun ilmu yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Bahasa ...