Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem respirasi dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan control group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Bintang Langkat. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Pengelompokan sampel terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas XI-2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen pada sekolah XI SMA Bintang Langkat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 33 soal pretes dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajarn guided discovery mengalami peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022