Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Implementasi Model “Asyik” Dalam Meningkatkan Konsentrasi Bermain Angklung Di TK Tadika Puri

Erna Widiastuti (Universitas Panca Sakti Bekasi)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Masa Anak Usia Dini merupakan masa paling kritis dalam perkembangan kehidupan manusia. Semua aspek yang dimiliki seperti kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa, moral dan nilai-nilai agama berkembang pesat. Karakteristik anak-anak saat ini adalah identifikasi dan imitasi. Untuk itu perlu keteladanan yang baik dari lingkungan melalui pendidikan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi bermain angklung di TK Tadika Puri dengan menggunakan model “Asyik”. Dengan bermain angklung tujuan penulis berharap anak-anak akan lebih konsentrasi, penuh percaya diri, berani, dan mandiri serta dapat bekerjasama. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model bermain “ASYIK” ini, peningkatan minat belajar dan konsentrasi anak dalam menerima pelajaran dan bermain angklung meningkat. Dengan perolehan observasi di lakukan penelitian dari 28 anak terdapat 24 peserta didik dapat memainkan angklung dengan benar sesuai arahan guru (85,7%) dan yang belum benar memainkan sebanyak 4 peserta didik(14,3%)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...