Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi

Arini Susanti (Universitas Panca Sakti Bekasi)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar pada anak dengan menggunakan Model Bermain “ASYIK” dengan menggunakan nyanyian dan yel-yel pada kegiatan awal dan recalling pada anak kelompok B TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Juga dalam hal ini yang ingin dicapai oleh penulis adalah adanya peningkatan semangat anak dalam belajar di kegiatan Inti pembelajaran dan diakhir kegiatan (recalling) sehingga anak akan semangat belajar dan besok datang lagi kesekolah dengan semangat. Bentuk penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus, yang terdiri dari 4 langkah yaitu ; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Dalam menganalisis data menggunakan uji regresi sederhana. Penggambilan sampel menggunakan total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa.Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adanya peningkatan semangat anak dalam belajar di kegiatan Inti pembelajaran dan diakhir kegiatan (recalling) sehingga anak akan semangat belajar dan besok datang lagi kesekolah dengan semangat TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...