Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini

Nurul Puji Astuti (Universitas Panca Sakti)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi awal dalam pembentukan karakter dan sikap seorang anak. Dibutuhkan pengetahuan dan strategi pembelajaran anak usia dini. Hal tersebut dibutuhkan guna menggali minat belajar pada anak usia dini. Minat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap anak usia dini. Dengan minat belajar anak akan dapat melakukan sesuatu, sebaliknya tanpa minat belajar anak tidak akan melakukan sesuatu. Minat belajar anak usia dini dapat timbul apabila ada rangsangan dari luar. Salah satunya dengan menggunakan model bermain ASYIK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model bermain ASYIK dapat meningkatkan minat belajar anak usia dini yang berada di TK Islam Al Hikmah Kota Bekasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B1 Sumayyah TK Islam Al Hikmah berjumlah 23 anak dalam rentang usia 5-6 tahun. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus, yang terdiri dari empat langkah yaitu ; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model bermain asyik terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak dengan persentase 82% sudah dapat mengikuti dan 18% belum dapat mengikuti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...