Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda

Siti Rohanah (Universitan Panca Sakti Bekasi)
Sri Watini (Universitan Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang berfungsi untuk melatih motorik halus dalam setiap pergerakan jemari tangannya. Mewarnai pada anak usia dini adalah curahan dari apa yang ada dalam fikirannya, meskipun hasilnya terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Penelitian ini membahas bagaimana keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan di RA Manarul Huda yang bertempat di Kecamatan Kotabaru, Karawang. Tujuan Penelitian yang akan dilakukan dan ingin dicapai adalah: Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan menggunakan Model ATIK di kelompok B. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif, analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Siswa kelompok B yang berjumlah 25 orang dan pendidik sebagai subjek serta instrumen. Tenik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian ini berbentuk Observasi, wawancara dan pencatatan. Adapun hasl penelitian yang diperoleh setelah menggunakan Model ATIK yaitu Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan mewarnai anak menunjukan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian model Atik terbukti efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...