Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Implementasi Pembelajaran Berbasis Media TV Sekolah di TK Carsa Kids

Supriati Supriati (Universitas Panca Sakti)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Tujuan tulisan ini untuk membahas kegunaan dari TV sekolah sebagai media yang dipakai oleh sekolah dalam mengimplementasi pembelajaran melalui media TV. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi dalam penelitian ini adakan di TK Carsa Kids di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara , dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga kependidikan , Guru kelas ,siswa dan orang tua siswa TK Carsa Kids.TV Sekolah adalah sarana untuk belajar dan berkreasi. Televisi Sekolah mempunyai fungsi sebagai media informasi, sebagai sarana Pendidikan publik mulai Lembaga PAUD sampai ke Perguruan Tinggi. Televisi (TV) sekolah dapat menyelenggarakan siaran sendiri baik melalui laptop atau Handphone (HP) . Fitur Utama dalam TV Sekolah adalah Panggung Sekolah, Perpustakaan Digital, Festival TV Sekolah dan Kelas Virtual. Dengan melalui TV Sekolah menjadikan pendidik dapat meningkatkan kreativitasnya dalam membuat perencanaan ,menyusun dan mewujudkan dalam bentuk tayangan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan memudahkan orang tua siswa dapat memahami pembelajaran yang dilakukan disekolah. TV Sekolah yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat di akses oleh peserta didik, orang tua dan masyarakat umum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...