Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap UMKM Desa Purwojati, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo dalam menerapkan strategi pemasaran melalui marketplace dalam upaya peningkatan penjualan produk UMKM Desa Purwojati. Permasalahan yang diangkat mengenai cara memasarkan produk yang efektif melalui market place. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu (a). Tahap Persiapan meliputi : (1). Survey awal (2) Pemantapan dan penentuan lokasi sasaran, (3). Penyusunan bahan/materi pelatihan. Hasil kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UMKM Desa Purwojati dalam upaya meningkatkan penjualan dengan cara pemasaran yang efektif pada marketplace.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, UMKM This Community Service aims to provide assistance to MSMEs in Purwojati Village, Kertek District, Wonosobo Regency in implementing marketing strategies through the marketplace in an effort to increase sales of MSME products in Purwojati Village. The problem raised is on how to market products effectively through the market place. The method used in the implementation of this service is carried out in several activities, namely (a). Preparation phase includes: (1). Initial survey (2) Consolidation and determination of target locations, (3). Preparation of training materials/materials. The results of this activity are very useful for MSMEs in Purwojati Village in an effort to increase sales by means of effective marketing on the marketplace.Keywords: Marketing Strategy, Sales, MSME
Copyrights © 2022