Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 15 Palembang. Terdapat 3 subjek penelitian yang mewakili kategori metakognisi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan mengacu pada aspek-aspek metakognisi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data hasil tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh dengan melihat model metakognisi siswa ketika menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Setelah penelitian ini dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) siswa berkemampuan matematika tinggi dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek planning, monitoring, dan evaluation dengan maksimal, 2) siswa berkemampuan matematika sedang dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek planning dengan maksimal, tetapi belum dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek monitoring dan evaluation dengan maksimal, 3) siswa berkemampuan matematika rendah belum dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek planning, monitoring, dan evaluation dengan maksimal.
Copyrights © 2022