MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4, No 2 (2022): MATHEMA

Meta Analisis Penggunaan Model PBL Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Oto Iskandar Dinata (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Mendiagnosa kesulitan siswa merupakan langkah utama daripada  merancang dan mengelola kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan menganalisis penemuan mengenai peningkatan  literasi matematika pada siswa sekolah dasar menggunakan PBL. PBL adalah model yang bertaut siswa turut aktif dengan memberikan suatu masalah pada siswa. Sehingga, siswa akan terlibat langsung dalam pembelajaran. Secara harfiah, literasi berarti kecakapan matika guna pengembangan pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian meta analisis. metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis. metode meta analisis yaitu metode dengan cara mencari, merangkum, kemudian melakukan analisis dari artikel ilmiah sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari 30 artikel terakreditasi nasional dan 20 artikel terakreditasi internasional yang membahas penggunaan model PBL guna meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Dari total artikel, peneliti memperoleh 5 artikel terindeks Sinta, 1 artikel terindeks Garuda, 1 artikel terindeks Google Scholar yang memeuhi kriteria. Penelitian ini bertujuan menganalisis penemuan atau penelitian sebelumnya tentang penggunaan model PBL terhadap kemampuan  literasi matematika. Hasil meta analisis membuktikan bahwa penerapan model PBL dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika yang semula terendah 7,65% sampai tertinggi 48,27% sehingga terjadi peningkatan sangat signifikan yaitu 29,0138%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...