Mendiagnosa kesulitan siswa merupakan langkah utama daripada merancang dan mengelola kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan menganalisis penemuan mengenai peningkatan literasi matematika pada siswa sekolah dasar menggunakan PBL. PBL adalah model yang bertaut siswa turut aktif dengan memberikan suatu masalah pada siswa. Sehingga, siswa akan terlibat langsung dalam pembelajaran. Secara harfiah, literasi berarti kecakapan matika guna pengembangan pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian meta analisis. metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis. metode meta analisis yaitu metode dengan cara mencari, merangkum, kemudian melakukan analisis dari artikel ilmiah sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari 30 artikel terakreditasi nasional dan 20 artikel terakreditasi internasional yang membahas penggunaan model PBL guna meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Dari total artikel, peneliti memperoleh 5 artikel terindeks Sinta, 1 artikel terindeks Garuda, 1 artikel terindeks Google Scholar yang memeuhi kriteria. Penelitian ini bertujuan menganalisis penemuan atau penelitian sebelumnya tentang penggunaan model PBL terhadap kemampuan literasi matematika. Hasil meta analisis membuktikan bahwa penerapan model PBL dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika yang semula terendah 7,65% sampai tertinggi 48,27% sehingga terjadi peningkatan sangat signifikan yaitu 29,0138%.
Copyrights © 2022