Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education
Vol 6 No 02 (2022): ijecie

PENGARUH PERMAINAN RABA DAN CARI PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN GEOMETRI ANAK USIA 5-6

Evita Fitri (Universitas Negri Padang)
Yaswinda Yaswinda (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari permainan raba dan cari pasangan pada ketrampilan geometri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan pada anak usia dini di TK Zalfa Padang. Akumulasi data yang dilakukan dengan memberikan permainan raba dan cari pasangan untuk kelas eksperimen dan permainan balok untuk kelas kontrol setelah itu peneliti dan guru menilai berdasarkan instrumen yang telah dibangun jumlah instrument sebanyak 4 butir item. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan 30 sampel dimana 15 sampel kelas eksperimen dan 15 kelas kontrol. Pada teknik analisis data kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil n-gain score yang telah didapatkan dalam penelitian ini, pada kelas kontrol yaitu 0,55 yang dikategorikan sedang sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,81 yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil uji t yang didapatkan 0,003 < 0,05 sehingga disimpulkan yaitu terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan raba dan cari pasangan berpengaruh dalam keahlian untuk memahami bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Zalfa Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijecie

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE) invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Early Childhood Education, Nurturing, and Parenting which covers textual and fieldwork ...