Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 6 No 1 (2022): Vol.6,No.1,2022

Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Occcupancy di Hotel Harris Seminyak Bali

petrus sunardi sunardi (udayana)
I Nyoman Jamin Ariana (Udayana University)
Ni Made Ariani (Udayana University)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

pemasaran dari waktu ke waktu. Hotel Harris Seminyak merupakan salah satu hotel yang dikelola secara professional yang berada dikawasan Seminyak, dalam menerapakn strateginya selama ini ,hotel Harris selalu mempertimbangkan empat hal utama yaitu : kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi.Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan atau persepsi wisatawan terhadap Produk, Price , Place dan Promotion dan bagaimana strategi pemasaran di Hotel Harris Seminyak dalam meningkatkan hunian kamar. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder, jenis datanya terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif, dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis SWOT. Hasil Penelitian menunjukan strategi promosi yang dilakukan oleh hotel belum maksimal, hal ini dibuktikan dengan hasil persepsi wisatwan dengan mendapatkan skor 3,68 dan indikator produk mendapatkan skor tertinggi sebesar 4,37. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang dapat diterapkan di hotel Harris Seminyak adalah strategi SO: Public relation strategy, Mengambil bagian dari seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh desa adat seperti mengikuti kerja bakti bersama,Membuka lowongan kerja dengan memprioritaskan masyarakat lokal Seminyak, Packaging strategy, Mengemas paket wisata khusus yang dapat menarik minat wisatawan,Partnership strategy , meningkatkan kerja sama dengan perusahan lain misalnya travel agent, Strategi WO: Service dan produk quality Strategy, Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan hotel hotel Harris, Team Work strategy, Meningkatkan kerja sama team agar bisa mencapai tujuan perusahan, Strategi ST : Market Analisis strategyMelakukan survei pasar dan harga hotel pesaing, Strategi WT : Continuity partenership Strategy , meningkatkan kerja sama dalam membuat paket liburan yang menarik dengan hotel di daerah lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...