EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022)

ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 POMALAA

Halidin Halidin (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Khusnul Fahmi (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19 mata pelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pomalaa, 2) mengetahui kelebihan dalam pelaksanaan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19 mata pelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pomalaa dan 3) mengetahui kesulitan serta solusi dalam pelaksanaan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19 mata pelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pomalaa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru matematika dan 9 siswa SMP Negeri 1 Pomalaa. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menjamin keabsahan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian/display data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran matematika siswa SMP Negeri 1 Pomalaa di masa pandemi COVID-19 dilaksanakan 1 kali pertemuan dalam 1 minggu yaitu setiap hari Kamis, dimana setiap pertemuan 1 jam (1 × 60 menit) dengan menggunakan grub whatsapp dan google classroom. 2) kelebihan pembelajaran online pada mata pelajaran matematika yaitu lebih fleksibel, praktis, lebih banyak referensi, hemat waktu, hemat tenaga serta membuat guru dan siswa melek teknologi. 3) kesulitan pembelajaran online pada mata pelajaran matematika yaitu terletak pada keterbatasan sarana dan prasarana, akses internet, kurangnya pemahaman terhadap materi serta relasi guru-siswa-orang tua yang belum intens.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emteka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on ...