Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPTS)
Vol. 4 No. 2 (2022): November

Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengumpulan Tugas Pada Pembelajaran Daring Di SMKN 6 Bandung

Fadilla, Syam Afra (Unknown)
-, Sukadi (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan yang dilaksanakan di SMKN 6 Bandung khususnya pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berjalan dengan kurang baik karena memiliki beberapa kendala, hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran dan hasil belajar tidak tercapai dengan baik. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal dari guru maupun siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umumĀ  mengenai faktor penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung, mengetahui persentase faktor internal penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung, mengetahui persentase faktor eksternal penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung dan untuk mengetahui faktor yang dominan menyebabkan keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan analisis perhitungan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase faktor internal lebih besar dari pada faktor eksternal. Lebih dari setengahnya siswa menyatakan penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung berasal dari faktor internal, sedangkan kurang dari setengahnya siswa menyatakan penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung berasal dari faktor eksternal. Persentase dari kedua faktor tersebut tidak terlalu jauh sehingga tidak menutup kemungkinan dari kedua faktor tersebut dapat saling menyebabkan keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring. Untuk faktor yang dominan menyebabkan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring yaitu faktor internal dalam aspek motivasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPTS (Journal of Civil Engineering Education) is a journal of research results and scientific studies in the field of Engineering or Vocational/Civil Vocational Education. The Civil Engineering Education Journal is published twice a year, every June and November. Journal of Civil Engineering ...