Pembelajaran dalam jaringan yang dilaksanakan di SMKN 6 Bandung khususnya pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berjalan dengan kurang baik karena memiliki beberapa kendala, hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran dan hasil belajar tidak tercapai dengan baik. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal dari guru maupun siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umumĀ mengenai faktor penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung, mengetahui persentase faktor internal penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung, mengetahui persentase faktor eksternal penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung dan untuk mengetahui faktor yang dominan menyebabkan keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan analisis perhitungan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase faktor internal lebih besar dari pada faktor eksternal. Lebih dari setengahnya siswa menyatakan penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung berasal dari faktor internal, sedangkan kurang dari setengahnya siswa menyatakan penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung berasal dari faktor eksternal. Persentase dari kedua faktor tersebut tidak terlalu jauh sehingga tidak menutup kemungkinan dari kedua faktor tersebut dapat saling menyebabkan keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring. Untuk faktor yang dominan menyebabkan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring yaitu faktor internal dalam aspek motivasi.
Copyrights © 2022