MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi
Vol. 3 No. 2: Oktober 2022

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Pengguna Model Probing Promting Learning dengan Pembelajaran Langsung

Zainullah Zainullah (Universitas Islam Jember)
Fury S. Siskawati (Universitas Islam Jember)
Tri N. Irawati (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pengguna model probing promting learning dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Madinatul Ulum Tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan instrumenya berupa soal tes. Metode analisis data dilakukan mengguakan t-tes dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu besarnya t hitung  t tabel atau p-value 0,020  0,05  maka H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pengguna model probing promting learning dengan pembelajaran langsung. Dimana rata-rata hasil belajar matematika siswa pengguna model probing promting learning lebih tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

marisekola

Publisher

Subject

Mathematics

Description

1) Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2) Desain Pembelajaran Matematika, 3) Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Matematika, 4). Media Pembelajaran Matematika, 5) Evaluasi Pembelajaran Matematika, 6) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, 7) Kreativitas dan ...