EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership
Vol 3, No 2 (2022): Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan - Desember 2022

Menelusuri Kerapuhan Pasutri Pendeta: Sebuah Pendekatan Kualitatif Guna Menghasilkan Tawaran Pendampingan Pastoral Dan Implikasi Pedagogis Bagi Pasutri Pendeta

Welhelmina Manuputty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstrak           Artikel ini memaparkan hasil analisis pastoral dari tiga kasus pasutri pendeta dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif pastoral yang dipakai di dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis puzzle intelektual yang diperkenalkan oleh Mary Clark Moschella. Di dalamnya ia membangun struktur penelitian melalui empat pertanyaan penting yaitu: a. Bagaimana ini terjadi? (Puzzle Perkembangan), b. Bagaimana cara ini bekerja? (Puzzel Mekanik), c. Bagaimana ini dibandingkan itu? (Puzzle Perbandingan), d. Bagaimana ini mempengaruhi Itu? (Puzzle Kausal atau Prediksi). Tujuannya adalah menjelaskan secara lebih rinci apa yang menjadi permasalahan dalam kehidupan pasutri pendeta. Analisis ini bersifat individual yang membentuk penyadaran komunal akan kerapuhan umat sebagai komunitas dalam memahami keberadaan pasutri pendeta, sekaligus menyadarkan pasutri pendeta betapa rapuhnya mereka dalam menghadapi persoalan. Dari analisis kualitatif  pastoral ini, penulis berusaha menawarkan beberapa “ruang” pendampingan pastoral bagi pasutri pendeta. Ruang bagi para pasutri pendeta untuk membagikan cerita mereka dalam sebuah komunitas yang membangun.  Kata Kunci : pastoral; pasutri; pendeta; kerapuhan; contoh kasus;  gembala;  domba; gereja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

EDULEAD merupakan wadah publikasi ilmiah hasil penelitian di bidang Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Anak Usia Dini dan Kepemimpinan Kristen, bagi para dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT, Salatiga, dan institusi lain yang memiliki bidang kajian yang serupa. ...