JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS II SD KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Fenny Tanalinal Khasna (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nuriyah (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Penerapan Metode Eksperimen dengan pendekatan Kontekstual, untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahanya Kelas III SD Inpres Oebobo 1 Kota Kupang. Metode dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi siswa dan lembar evaluasi tes. Lembar observasi aktivitas guru teknik analisis data yang digunakan mengunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memproleh presentase sebesar 73,8% (cukup baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,6% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik yang di peroleh siklus I 8 orang yang tuntas dengan ketuntasan 53,3% dan yang tidak tuntas 7 peserta didik dengan peresentase sebesar 46,6% dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 13 peserta didik dengan ketuntasan sebesar 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...