Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Saptadi, Fransiskus Adi (Unknown)
Saputra, Ferdiyan (Unknown)
Tirawati, Kristina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  antara  motivasi  belajar  dengan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  bahasa  Indonesia  di  Sekolah  Dasar.  Populasi  dan  sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V SD  Negeri 19 Selangkai  tahun  ajaran  2022/2023  yang  berjumlah  33  siswa.  Data  dianalisis  menggunakan  uji  analisis  regresi,  korelasi  product  moment,  koefisien  determinan,  dan  t  test.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)  motivasi  belajar  siswa  Sekolah  Dasar  Negeri 19  Selangkai  sebesar  77,52  termasuk  dalam  kategori  kuat,  (2)  rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  Bahasa Indonesia  adalah  73,91  yang  termasuk  dalam  kategori  baik,  dan  (3)  terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  motivasi  belajar  dengan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  bahasa  Indonesia  di  Sekolah  Dasar dengan  t  hitung  > t  tabel    yaitu  2,48  >  2.03.Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...