Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 19 Selangkai tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 siswa. Data dianalisis menggunakan uji analisis regresi, korelasi product moment, koefisien determinan, dan t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 19 Selangkai sebesar 77,52 termasuk dalam kategori kuat, (2) rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 73,91 yang termasuk dalam kategori baik, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan t hitung > t tabel   yaitu 2,48 > 2.03.Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Copyrights © 2022