Cangkang tiram adalah salah satu limbah diantara banyakanya limbah cangkang yang dapat diolah kembali menjadi material yang dapat digunakan kembali. Salah satunya pada bidang konstruksi, yang terdapat beberapa inovasi menggunakan beberapa jenis cangkang untuk dijadikan inovasi alternatif agar mengurangi ketidakseimbangan pada ekosistem. Penelitian ini juga berlandaskan pada banyaknya pembangunan infrastruktur di Indonesia, salah satunya adalah pembangunan jalan. Lantai kerja pada pekerjaan rigid pavement adalah salah satu lapisan beton non-struktural yang berfungsi sebagai landasan lapis perkerasan di atasnya. Cangkang tiram sendiri memiliki kandungan kalsium karbonat di mana senyawa tersebut juga terkandung dalam semen yang akan menjadi salah satu alternatif substitusi pengganti untuk mengurangi penggunaan semen. Proses yang dilakukan untuk merubah cangkang tiram menjadi serbuk sendiri dilakukan kalsinasi atau dibakar selama 4 jam dengan suhu 900°C. Penelitian ini menggunakan 6 jenis campuran sampel beton dengan perbandingan minimal yaitu 2,5% dan 5% sampai dengan perbandingan maksimal yaitu 60%, 70% dan 80%. Dengan kuat tekan beton rencana adalah K-150. Dari hasil pengujian dan analisis, diperoleh hasil yang maksimal pada beton campuran serbuk cangkang tiram perbandingan 5%.
Copyrights © 2022