Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal
Vol 4, No 2 (2021): Desember

Kontribusi Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling

Elyn Alinna Makhofa (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan gambaran kontribusi kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Daarut Tauhiid Boarding School Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh. Alat pengungkap data menggunakan angket berbentuk skala sikap dan statistik nonparametrik digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian yaitu: (1) gambaran kepercayaan diri siswa; (2) gambaran prestasi belajar siswa; dan (3) kontribusi kepercayaan diri terhsadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kepercayaan diri siswa mempunyai kontribusi yang positif dan sigifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar siswa dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prophetic

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Prophetic is journal that is focussed on professionalism, empathy, and Islamic counseling. It focus on scientific publication of research study, literature review, and case study which are related to the issues in the area of Islamic guidance and counseling. The journal is published regularly twice ...