Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 4 (2022)

E-MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS EDUCATION FOR SUSTANABLE DEVELOPMENT UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI FLIPPED LEARNING

Zam Zam Jamaludin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penuntasan permasalahan keanekaragaman hayati dengan konsep Education For Sustanable Development. Namun, dalam menuntaskan masalah tersebut siswa kurang mandiri dalam belajar akibat pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 sehingga memerlukan flipped learning sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya. Adapun tujuan penelitian ini menghasilkan E-Modul keanekaragaman hayati untuk mendukung implementasi flipped learning agar siswa dapat mandiri dalam belajar menyadarkan dan memberdayakan manusia dalam menuntaskan permasalahan global. Metode penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) pada materi keanekaragaman hayati di kelas V Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu 64 siswa kelas V SD Evans Indonesia dan Kota Bangun dan SD Evans Indonesia Kota Sandaran. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah E-Modul ini diterapkan dengan pemerolehan skor 73 dan 76, maka nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,06 dengan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga mengalami kenaikan. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa E-Modul keanekaragaman hayati untuk mendukung implementasi flipped learning ini valid, praktis, dan dapat digunakan serta mendapatkan respon positif dari siswa sehingga dapat mengatasi permasalahan keanekaragaman global dengan menerapkannya di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat agar keanekaragaman hayati di Indonesia tetap terjaga sampai di masa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...