Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran IPA. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis dan diolah datanya. Data dikumpulkan melalui situs jaringan internet yang berkaitan dengan topik yang akan diteliti. Dari penelusuran diperoleh 15 artikel ilmiah yang telah dipublikasikan, instrument berupa pemberian kode (coding data) dengan berpacu pada kriteria yang sudah ditentukan. Data dianalisis dengan menggunakan effect size. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian-penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan effect size 0,284 atau dalam kategori efek besar. Model pembelajaran discovery learning pun memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari beberapa variabel terikat yakni hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar dan kompetensi pengetahuan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif digunakan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dibandingkan dengan metode pembelajaran lain dari studi ini.
Copyrights © 2022