Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 3 (2022): DIDAKTIKA Agustus 2022

Efektivitas Pembelajaran Inovatif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Siswa MtsS Manongkoki Kabupaten Takalar

Nursyamsi Amin (MTss. Manongkoki, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektifitas pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu siswa MTss Manongkoki kabupaten takalar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan One-shot case study dimana pendekatan ini hanya memberikan satun kali perlakuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX.I berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 43 butir soal. Untuk menentukan tingkat kemampuan atau pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dilakukan dengan teknik tes dengan standar ketuntasan minimum >75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran inovatif dengan pendekatan kontesktual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu mampu mencapai tujuan instruksional khusus yang ditunjukkan dari telah terpenuhinya kriteria belajar tuntas secara indivudu maupun secara klasikal. Hal ini tampak dari rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa melalui metode kontekstual yaitu 84,2 lebih besar dari 75. Ditinjau dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal menunjukkan bahwa 70 siswa atau 97,18% telah mencapai batas minimal ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85% siswa dalam kelas memperoleh nilai melebihi 75. Karena batas ketuntasan siswa secara klasikal yaitu 85% telah tercapai menunjukkan bahwa metode ini sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...