Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 4 (2022): DIDAKTIKA November 2022

Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Gerak Benda dan Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara

Nursyamsi Amin (MTsS. Manongkoki, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kreativitas siswa jika diterapkan pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu dengan pokok bahasan gerak benda dan makhluk hidup dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Adapun alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi berbasis masalah untuk guru, lembar observasi sikap kreatif untuk siswa, dan lembar observasi berpikir kreatif untuk siswa. Selain itu digunakan juga lembar evaluasi hasil siswa berupa tes tertulis dan angket refleksi untuk melihat perilaku belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan angket. Sementara untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang telah dilaksanakan di kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara dapat meningkatkan kreativitas siswa, hal ini dapat terlihat dari skor rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa dari siklus I adalah 2, 67 sedangkan pada siklus II adalah 2, 76.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...