Insight Management Journal
Vol. 3 No. 1 (2022): September

The service strategy used by Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia in maintaining donor loyalty

Fauzul Hanif Noor Athief (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo)
Darlin Rizki (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)
Ulin Nuha (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo)
Adityo Wiwit Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Pertumbuhan jumlah Lembaga ‘Amil Zakat (LAZ) di Indonesia semakin berkembang mulai dari tingkat sederhana hingga profesional dengan berbagai layanan dan program yang ditawarkan kepada masyarakat ataupun donatur. Hal ini mendorong tiap lembaga zakat untuk mencari strategi yang tepat dalam meraih kepercayaan dan loyalitas dari donatur agar lembaga tersebut dapat menjalankan kegiatannya dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan yang digunakan Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia dalam menjaga loyalitas donatur serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan metode deduktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi yang digunakan Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia dalam menjaga loyalitas donatur adalah strategi pelayanan prima dengan melakukan 3 tahapan strategi; perumusan strategi, pelaksanaan strategi dengan dua langkah yakni tata laku duta dan eksternal, dan terakhir evaluasi strategi yang dilakukan secara berkala. Sarana pelayanan yang memadai sesuai minat donatur menjadi faktor utama pendukung jalannya strategi tersebut, dan terbatasnya jumlah petugas ‘amil zakat menjadi salah satu faktor penghambat jalannya strategi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Insight Management Journal ISSN 2774-1737 merupakan media akses terbuka dalam mempublikasikan artikel ilmiah, jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen, dan artikel tersedia secara online, bebas tanpa berlangganan apapun. Artikel yang dikirimkan ke jurnal ini akan diproses ...