INTELEKTIUM
Vol 3 No 2 (2022): INTELEKTIUM

Analisis Kesalahan Simple Past Tense dalam Menulis Recount Texts di Kelas X SMK Negeri 1 Namohalu Esiwa

Nursayani Maru'ao (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Menulis menjadi semakin penting saat ini. Itu harus dikuasai untuk menjadi melek huruf. Namun, sebagian besar siswa Indonesia di tingkat sekolah menengah atas umumnya mengalami kesulitan dalam tugas menulis. Akibatnya, mereka memiliki sedikit semangat untuk menulis. Padahal keterampilan menulis penting untuk dikuasai siswa sebelum memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, keterampilan menulis juga akan mempersiapkan siswa untuk dunia akademik dan profesional masa depan mereka. Banyak masalah yang ditemukan dalam proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Namohalu Esiwa khususnya di kelas X, khususnya dalam menulis teks recount. Para siswa tidak mampu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk menulis teks recount. Terkait dengan penggunaan simple past tense, memiliki masalah dalam membedakan bentuk kata kerja. Siswa cenderung menggunakan verb 1 untuk menulis simple past tense. Mereka tidak dapat membedakan menjadi dalam bentuk lampau yang sederhana, tidak dapat menerapkan kata keterangan waktu yang sesuai, dan tidak dapat menyusun pertanyaan dalam bentuk lampau yang sederhana. Analisis kesalahan sangat penting karena peneliti mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan simple past tense dalam teks recount dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan mereka. Untuk melakukan penelitian, peneliti menggunakan Metode Kualitatif. Sumber datanya adalah teks recount pribadi yang ditulis oleh siswa dan juga transkrip wawancara terstruktur dari siswa dan dilengkapi dengan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan penghilangan, diikuti kesalahan malformasi, dan terakhir kesalahan penambahan. Sumber utama kesalahan siswa dalam menggunakan simple past tense adalah intralingual yang dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang verba 2, kemudian diikuti oleh interlingua, strategi komunikasi, dan konteks pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intelektium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Intelektium adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Intelektium adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang pendidikan. Diharapkan Intelektium dapat menjadi media bagi akademisi dan ...