Sehat Masada
Vol 16 No 2 (2022): Sehat Masada Journal

KEPUASAN KONSUMEN DI AMANAH OPTIKAL SUMEDANG

Indra Karana (STIKes Dharma Husada, Bandung, Indonesia)
Anggit Nugroho (STIKes Dharma Husada Bandung, Indonesia)
Saarah Luthfiah (STIKes Dharma Husada Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Optik merupakan sarana yang menyelengarakan pelayanan pemeriksaan mata, pemeriksaan refraksi serta pelayanan kacamata koreksi dan atau lensa kontak. Dalam hal ini optik harus selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan. Setiap optik dituntut untuk membuat konsumen merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen yang berdasarkan; kualitas produk, kualitas emosional, dan kesesuaian harga barang. Metode penelitian menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian di Amanah Optikal Sumedang. Hasil penelitian berdasarkan; kualitas produk berkategori cukup memuaskan, kualitas pelayanan cukup memuaskan, faktor emosional cukup memuaskan, dan kesesuaian harga cukup memuaskan. Kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan harus ditingkatkan dalam aspek kecepatan dan ketanggapan, komunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen dapat memberikan kenyamanan dalam berkonsultasi. Peningkatan fasilitas fisik terutama ruang tunggu yang nyaman dan fasilitas parkir yang memadai dapat membuat konsumen merasa nyaman dan tenang ketika berkunjung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jsm

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Sehat Masada adalah sebuah Jurnal untuk menampung hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan kesehatan, khususnya tentang Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Kebidanan, dan Refraksi Optisi. Jurnal ini terbit dua kali setahun (Januari dan ...