Optik merupakan sarana yang menyelengarakan pelayanan pemeriksaan mata, pemeriksaan refraksi serta pelayanan kacamata koreksi dan atau lensa kontak. Dalam hal ini optik harus selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan. Setiap optik dituntut untuk membuat konsumen merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen yang berdasarkan; kualitas produk, kualitas emosional, dan kesesuaian harga barang. Metode penelitian menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian di Amanah Optikal Sumedang. Hasil penelitian berdasarkan; kualitas produk berkategori cukup memuaskan, kualitas pelayanan cukup memuaskan, faktor emosional cukup memuaskan, dan kesesuaian harga cukup memuaskan. Kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan harus ditingkatkan dalam aspek kecepatan dan ketanggapan, komunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen dapat memberikan kenyamanan dalam berkonsultasi. Peningkatan fasilitas fisik terutama ruang tunggu yang nyaman dan fasilitas parkir yang memadai dapat membuat konsumen merasa nyaman dan tenang ketika berkunjung.
Copyrights © 2022