Sustainable : Jurnal Akuntansi
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 No. 2 November 2022

Tinjauan Elektronisasi Sistem Pembayaran Klaim Kecelakaan di PT. Jasa Raharja pada Masa Pandemi

Wuri Cahyaning Pramusti (Universitas PGRI Madiun)
Elana Era Yusdita (Universitas PGRI Madiun)
Selvia Angger Sari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

ABSTRACTThe number of traffic accidents during the pandemic is still high despite the large-scale social restrictions (PSBB) set by the government. The high number of accidents has an impact on the filing of traffic accident claims. Claims payments in Eks-Karesidenan Madiun are based at PT Jasa Raharja (Persero) Madiun Branch Representative Office so that claims payments become complex. This should be minimized with good systems and procedures given the current pandemic conditions. This study aims to analyze the cash expenditure system of compensation to PT. Jasa Raharja (Persero) Madiun Branch Representative Office during the Covid 19 pandemic. The method used is descriptive qualitative. Data collection techniques with interviews, observations and documentation. The results showed that the system and procedure for payment of accident claim at PT Jasa Raharja (Persero) Madiun Representative Office has been supported in efforts to improve its internal control. The application system used in Jasa Raharja has adopted the development of revolution 4.0 so that in its internal control is good even though there are trapping functions.ABSTRAK Angka kecelakaan lalu lintas pada masa pandemi masih tinggi walaupun adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan oleh pemerintah. Tingginya angka kecelakaan ini berdampak pada pengajuan klaim kecelakaan lalu lintas. Pembayaran klaim di Eks-Karesidenan Madiun berpusat di PT Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Cabang Madiun sehingga pembayaran klaim menjadi kompleks. Hal ini harus dapat diminimalkan dengan sistem dan prosedur yang baik mengingat kondisi pandemi seperti saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sistem pengeluaran kas pemberian santunan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Cabang Madiun di masa pandemi Covid 19. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur pembayaran klaim kecelakaan di PT Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Madiun sudah mendukung dalam upaya meningkatkan pengendalian internnya. Sistem aplikasi yang digunakan di Jasa Raharja telah mengadopsi perkembangan revolusi 4.0 sehingga dalam pengendalian internalnya sudah baik walaupun terdapat perangkapan fungsi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sustainable

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Tujuan dari jurnal SUSTAINABLE adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian terapan di bidang akuntansi, keuangan, dan perbankan. SUSTAINABLE difokuskan untuk menjadi jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian terapan baik oleh akademisi, praktisi, dan asosiasi profesi. SUSTAINABLE ...