Perkembangan industri kosmetik di Indonesia terus menerus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, hal ini membuka peluang yang besar dalam industri kosmetik dalam skala kecil hingga besar. Dampak dari perkembangan tersebut perusahaan dituntut untuk merancang strategi supaya dapat bersaing dan mempertahankan produk atau jasa yang diinginkan konsumen, untuk perusahaan kosmetik kepuasan pelanggan, kualitas produk dan citra merek yang baik dapat menciptakan loyalitas dari pelanggan, loyalitas pelanggan timbul setelah merasakan produk atau jasa yang diberikan kepada konsumen. Loyalitas adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya, kepuasan pelanggan adalah suatu perasaan puas yang timbul dari pemakaian produk dan jasa tersebut. Kualitas produk adalah keseluruhan ciri serta dari produk atau pelayanan pada kemampuan untuk memuaskan konsumen. Citra merek adalah persepsi dan kepercayaan yang dipegang oleh konsumen yang selalu diingat pertama kali saat mendengar slogan yang tertanam dibenak konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh kepuasan pelanggan, kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan mahasiswi Universitas Persada Indonesia YAI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan jenis penelitian ini adalah confirmatory research. Data primer di peroleh dari hasil jawaban kuesioner pada 91 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik non probablity sampling. Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu kepuasan pelanggan, kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Persada Indonesia
Copyrights © 2023