Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 10, No 2 (2014): Desember

IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH KURIKULUM 2013 MELALUI LESSON STUDY DI MTS AL. HADI TAMBUN PENGADANG

Nurhardiani, Nurhardiani ( IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2015

Abstract

Abstrak: Istilah pendekatan ilmiah atau scientific approach pada pelaksanaan pembelajaran menjadi bahan pembahasan yang menarik perhatian para pendidik akhir-akhir ini. Scientific approach menjadi penting untuk dibahas karena produk pendidikan dasar dan menengah belum menghasilkan lulusan yang mampu berpikir kritis setara dengan kemampuan anak-anak bangsa lain. Pendekatan pembelajaran ilmiah (scientific teaching) merupakan bagian dari pendekatan pedagogis pada pelaksanaan pembelajaran dalam kelas yang melandasi penerapan metode ilmiah. Lesson study merupakan kegiatan menciptakan suatu yang unik, asli, atau suatu pelajaran yang belum pernah ada sebelumnya, meskipun para guru sebelumnya telah mempersiapkan suatu materi pelajaran secara rinci sebagai bagian dari proses Lesson study, dan merencanakan tema untuk pelajaran. Lesson Study merupakan sebuah kegiatan pembinaan profesi pendidik secara kolaboratif-kolektif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun kelompok belajar pembelajaran, guna memperbaiki dan menyempurnakan praktek mengajar guru di dalam kelas

Copyrights © 2014