Abstrak: Sistem pendidikan nasional Indonesia selama Indonesia merdeka menganut keunggulan kognitif siswa, maka dengan kurikulum 2013 ini pemerintah memiliki kesadaran untuk merubahnya dengan sistem pendidikan yang menyeimbangkan domain afektif, psikomotorik dengan domain kognitif. Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adalah penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, dan keterampilan psikomotorik. Berdasarkan Dokumen Kurikulum 2013 (Kemendikbud, 2012) diperoleh gambaran bahwa pengembangan sikap menjadi kepedulian utama pada kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, kompetensi lulusan harus lengkap memuat aspek-aspek karakter mulia, keterampilan yang relevan, dan pengetahuan-pengetahuan yang memadai. aspek penilaian Kurikulum 2013 akan menekankan afektif dan psikomotorik daripada aspek kognitif secara proporsional melalui penilaian berbasis kelas sebagaimana yang diamanatkan pada kurikulum berbasis kompetensi sebelumnya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014