Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tayangan televisi filmboboiboy terhadap perkembangan sosial emosional anak Tk Al–Ikhwan Desa Aek Nabara Tonga Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre-experimental designmenggunakan desain one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan tayangan televisi serial animasi Boboiboy sebagai obyek penelitian dan menggunakan anak usia 5-6 tahun pada siswa Rombel C Aek Nabara Tonga sebanyak 15 siswa sebagai subyek penelitian Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument non tes atau berupa tes unjuk kerja. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametik dengan ujiWilcoxon signed ranks. Hipotesis penelitian ini dapat dilihat Asymp. Sig. (2- tailed) bernilai 0,01karena nilai 0,01 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “rata- rata perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan tayangan serial animasi Boboiboy berpengaruh” dengan demikiantayangan serial animasi Boboiboy berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak siswa Rombel C TK Al–Ikhwan Desa Aek Nabara Tonga Kecamatan AekNabara Barumun Kabupaten Padang Lawas .
Copyrights © 2022