Abstrak: Pendidikan Islam merupakan subsistem pendidikannasional. Kajian ini mengurai realitas pendidikan pesantren danmadrasah; bagaimana sistem pendidikannya dan bagaimana pulakebijakan pemerintah terhadap dua lembaga pendidikan Islamtersebut. Sistem pendidikan pesantren menunjukkan sifat danbentuk yang berbeda dari pola pendidikan nasional. Makapesantren menghadapi dilema untuk mengintregasikan sistempendidikan yang dimiliki dengan sistem pendidikan nasional.Sementara itu, kelahiran madrasah merupakan upaya strategisuntuk mengintegrasikan pola pendidikan Islam ala pesantrendengan pola pendidikan modern (ala Barat). Intervensikebijakan/politik berpengaruh terhadap eksistensi pesantren danmadrasah. Pesantren dan madrasah diniyah sebagai sumberpendidikan dan pencerdasan masyarakat Indonesia yang sudahberurat-akar sejak sebelum kemerdekaan baru mendapatkanpengakuan secara yuridis pada era reformasi.
Copyrights © 2014