Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 1 (2022): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Implikasi Connectivisme Sebagai Alternatif Teori Belajar Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Sofie Putri Ardillani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Alfi Aristiyani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implikasi dari pembelajaran daring dengan menggunakan teori belajar conectivisme. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitin ini menggunakan metode kepustakaan (Library reserach). Hasil penelitian dapat di ketahui bahwa pembelajaran daring yang sering dilakukan pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini memerlukan teori belajar connectivisme untuk mendistribusikan ilmu pengetahuan yang di fasilitasi dalam jaringan internet agar tetap terhubung satu sama lain. Penggunaan teori belajar connectivisme dalam pembelajaran daring mengharuskan guru untuk mengubah paradigma pembelajaranya dengan cara memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia seperti leptop, smartphone dan juga natebook untuk membantu aktifitas pembelajaran. Aplikasi-aplikasi yang harus di kuasai oleh pendidik dan peserta didik agar proses belajar mengajar tetap berlangsung seperti Zoommeeting, Googlemet dll. Adapun ciri-ciri dari teori belajar conectivisme yaitu; mengikuti blog seseorang yang bermanfaat untuk di jadikan sumber belajar, menggunakan web atau layanan lainya yang terkoneksi dalam jaringan internet dalam praktek pembelajaran, mendorong peserta didik untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan cara mengakses berbagai platforms media sosial yang memperkaya pengetahuan dan refrensi belajar mereka, memproses informasi yang di dapatkan dari berbagai sumber dengan selektif dan kritis untuk di jadikan sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...