Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MA Nurul Huda Sukaraja kecamatan Buay Madang kabupaten Oku Timur. Metode pembelajaran yang penulis gunakan adalah metode pembelajaran PQ4R. Sampel penelitian ini sebanyak 58 siswa di kelasX1 sebanyak 29 siswadan X3sebanyak 29 siswa di MA Nurul Huda Sukaraja. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan jawaban. Hasil tes terseebut dianalisis menggunakan rumus korelasi pearson product moment dan teknik pengujian hipotesisnya menggunakan Uji t. Dari hasil perhitungan pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R didapat nilai korelasinya sebesar r xy = 0,72 yang berarti metode PQ4Rdan hasil belajar terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Pengujian hipotesis uji t diperoleh thitung 7,81 kemudian di bandingkan dengan ttabel untuk taraf signifikan 5% dilakukan uji kedua belah pihak dengan derajat kebebasan adalah 2,02. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode PQ4Rterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MA Nurul Huda Sukaraja. Hal itu dapat dilihat dari ttabel pada taraf kepercayaan 95% dengan dk = 56 adalah 2,02. Harga ttabel 2,02 sehingga Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y ditolak, dan Ha yang diajukan diawal yang menyatakan ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y diterima
Copyrights © 2022