Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2022): Berkala Ilmiah Pendidikan

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Di Sekolah

Muru'atul Afifah (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan, Indonesia)
Riftini Yulaiyah (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Bullying adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan maksud menunjukkan eksistensi kepada orang lain dengan cara mengejek, mengolok-olok, memukul, menghina terhadap orang lain. Bullying dapat terjadi dimana saja, termasuk juga di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di MI Afifiyah Pragaan Laok, Sumenep, Madura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab terjadinya bullying pada siswa MI Afifiyah Pragaan Laok dan upaya guru dalam menanggulangi perilaku bullying pada siswa MI Afifiyah Pragan Laok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Pengumpulan data melalui wawancaran, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitia menunjukkan ternjadinya bullying pada siswa MI Afifiyah Pragaan Laok disebabkan oleh beberapa faktor (1) ketidaksadaran anak dengan perilaku bullying (2) faktor keluarga. Dan upaya guru dalam menaggulangi bullying yaitu dengan upaya preventif dengan (1) pendekatan emosional melalui pengajaran PAI agar mengetahui dampak tindakan bullying (2) komunikasi aktif dengan wali murid melalui group whatsapp guna memudahkan guru memberikan informasi terkait perkembangan anak dan tingkah laku anak di sekolah (3) membiasakan anak didik membaca Asmaul Husna sebelum KBM dimulai untuk mengenalkan sifat baik Allah (4) melibatkan siswa yang lain agar bekerjasama dalam mencegah perilaku kekerasan (5) Pemberian sanksi siswa yang melanggar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...