Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari kualitas produk dan kepercayaan terhadap kinerja pemasaran Produk UMKM di Aceh Besar. Populasi penelitian ini berjumlah 4.455 orang pelaku UMKM, dan teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 367 orang pelaku UMKM. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran produk UMKM di Aceh Besar. Kemudian hasil uji secara parsial dimana variabel kualitas produk dan kepercayaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran produk UMKM di Aceh Besar. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap kinerja pemasaran produk UMKM di Aceh Besar adalah sebesar 0,175 atau 17,5%, sedangkan variabel Kepercayaan juga berpengaruh terhadap kinerja pemasaran produk UMKM di Aceh Besar yaitu sebesar 0,155 atau 75,5%. Selanjutnya dari nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,042, dapat dijelaskan bahwa sebanyak 04,2% perubahan dalam variabel kinerja pemasaran dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel kualitas produk dan kepercayaan, sisanya yaitu sebesar 97,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari pada penelitian ini seperti harga, saluran distribusi, kemudahan dalam mengakses produk, citra merek dan lain-lain. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepercayaan, Dan Kinerja Pemasaran
Copyrights © 2022