Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 3, No 1 (2022): SEMNAS MULTIDISIPLIN ILMU

KESIAPAN MAHASISWA MENGAPLIKASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING

Dedi Sufriadi (Unknown)
Yenni Agustina (Unknown)
Zakaria Zakaria (Unknown)
A Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat serta dipengaruhi oleh kondisi paska pandemi COVID-19 berdampak pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran khususnya pemanfaatan internet dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. Keberadaan teknologi tersebut membuat kegiatan pembelajaran dapat dilakukan oleh semua orang, di mana dan kapan saja, pendekatan tersebut akan menciptakan pembelajaran yang lebih komunikatif dan bermakna bagi anak didik. Hal ini menjadi latar belakang diselenggarakannya survey dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan mengajukan pertanyaan dalam bentuk kuesioner/metode survey menggunakan aplikasi Google Form yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa baru aktif Pendidikan Ekonomi Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh angkatan 2022. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi sejauh mana kesiapan mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas internet untuk pembelajaran dilihat dari aspek kesiapan mahasiswa dalam ketersediaan fasilitas yang dimiliki, ICT literacy (pemahaman pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi), aktivitas yang dilakukan secara daring dan respon lainnya yang berkaitan dengan kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran berbasis daring dengan memanfaatkan fasilitas internet yang terintegrasi dengan SPADA. Hasil Survei menunjukan bahwa mahasiswa baru Pendidikan Ekonomi USM Banda Aceh memberikan respon positif dalam menghadapi pembelajaran yang terintegrasi dengan daring, ini didukung dengan pemahaman keterampilan dasar yang dimiliki mahasiswa dalam menggunakan perangkat daring dan juga terbiasa dalam mengakses internet secara mobile walapun selama ini keperluan masih didominasi untuk hiburan dan social media belum optimal dimanfaatkan untuk pembelajaran. Namun dari segi ketersediaan fasilitas yang dimilikinya masih kurang sehingga diperlukan peranan dari Institusi Pendidik menfasilitasi dan menyediakan fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran daring bila diterapkan di kampus USM Banda Aceh.   Kata Kunci: Daring; E-Learning; Mobile Learning; ICT Literacy; Kesiapan

Copyrights © 2022