Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 4 No 1 (2022)

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN

Siti Kurniasih (IAIN Metro)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini membutuhkan peran serta lingkungan dengan memberikan pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Aspek perkembangan bahasa dapat memengaruhi perkembangan lainnya. Perkembangan bahasa meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengembangan keterampilan menyimak anak menjadi dasar untuk meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak. Pembelajaran tetap diberikan sesuai dengan kondisi yang ada yaitu menggunakan pembelajaran dalam jaringan sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak untuk mengembangkan keterampilan menyimak anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, berlokasikan di TK Cahaya Bintang dengan usia anak kelompok A yaitu 4-5 tahun. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dalam jaringan yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak dapat mengembangkan keterampilan menyimak anak secara maksimal. Pengembangan keterampilan menyimak anak dipengaruhi oleh faktor pendukung yaitu kerjasama antara pendidik, orangtua, kelengkapan media pembelajaran dalam jaringan, dan pengetahuan pendidik dalam keterampilan menyimak sehingga pendidik dapat membuat video pembelajaran yang menarik untuk anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...