Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 4 No 1 (2022)

PEMBERIAN BIMBINGAN KEPADA TEMAN SEJAWAT UNTUK PENINGKATAN KINERJA DOSEN

Jimi Harianto (STKIP Al Islam Tunas Bangsa)
Ngadimun (STKIP Al Islam Tunas Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kinerja dosen dengan dengan desain penelitian tindakan, dengan meng­adopsi beberapa kaidah penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS). Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Setelah dilakukan pemberian bimbingan dalam bentuk ajakan untuk meningkatkan kehadiran dosen tetap di kampus sesuai dengan tugas masing-masing, rerata jumlah jam hadir mengalami kenaikan. Pada September sampai Desember 2017, rerata tertinggi sebesar 85 jam dan terendah 69 jam hadir dan pada September sampai Desember 2018, tertinggi sebesar 93 jam dan terendah 75 jam hadir per bulannya. Perbandingan rerata jumlah jam hadir dosen antar program studi (Prodi) pada September s.d. Desember 2017, hadir terbanyak dosen PGSD, yaitu sebanyak 95 jam hadir dan 62 jam pada dosen Prodi PGPAUD, dan terendah pada dosen Prodi Penjas 45 jam hadir. Setelah diberikan ajakan tentang disiplin hadir, kondisi kehadiran dosen secara umum meningkat, yaitu pada: Prodi PGPAUD dari 62 jam hadir menjadi 65 jam hadir, Prodi Penjas dari 45 jam hadir menjadi 56 jam hadir, kecuali pada Prodi PGSD dan 93 jam hadir menurun sedikit menjadi 90 jam hadir. Hasil pemberian bimbingan dalam pening­katan jumlah dosen meman­fa­at­kan website sebagai media pembela­jaran on line secara umum hasilnya baru sampai pada taraf “Cukup”. Lebih rinci, dapat dijelaskan bahwa kualitas Blog Dosen yang sampai pada taraf “Baik Sekali” baru satu orang atau 16,7% dari dosen yang diteliti. Sampai pada taraf “Baik” dan “Cukup” masing-masing sebanyak 16,7%; lalu yang kualitas Blognya masih mencapai taraf “Sangat Kurang” masih sebanyak tiga orang atau 50% dari dosen yang dite­liti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...