Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kinerja dosen dengan dengan desain penelitian tindakan, dengan mengadopsi beberapa kaidah penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS). Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Setelah dilakukan pemberian bimbingan dalam bentuk ajakan untuk meningkatkan kehadiran dosen tetap di kampus sesuai dengan tugas masing-masing, rerata jumlah jam hadir mengalami kenaikan. Pada September sampai Desember 2017, rerata tertinggi sebesar 85 jam dan terendah 69 jam hadir dan pada September sampai Desember 2018, tertinggi sebesar 93 jam dan terendah 75 jam hadir per bulannya. Perbandingan rerata jumlah jam hadir dosen antar program studi (Prodi) pada September s.d. Desember 2017, hadir terbanyak dosen PGSD, yaitu sebanyak 95 jam hadir dan 62 jam pada dosen Prodi PGPAUD, dan terendah pada dosen Prodi Penjas 45 jam hadir. Setelah diberikan ajakan tentang disiplin hadir, kondisi kehadiran dosen secara umum meningkat, yaitu pada: Prodi PGPAUD dari 62 jam hadir menjadi 65 jam hadir, Prodi Penjas dari 45 jam hadir menjadi 56 jam hadir, kecuali pada Prodi PGSD dan 93 jam hadir menurun sedikit menjadi 90 jam hadir. Hasil pemberian bimbingan dalam peningkatan jumlah dosen memanfaatkan website sebagai media pembelajaran on line secara umum hasilnya baru sampai pada taraf “Cukup”. Lebih rinci, dapat dijelaskan bahwa kualitas Blog Dosen yang sampai pada taraf “Baik Sekali” baru satu orang atau 16,7% dari dosen yang diteliti. Sampai pada taraf “Baik” dan “Cukup” masing-masing sebanyak 16,7%; lalu yang kualitas Blognya masih mencapai taraf “Sangat Kurang” masih sebanyak tiga orang atau 50% dari dosen yang diteliti.
Copyrights © 2022