Masalah dalam penelitian adalah masih rendahnya hasil belajar matematika di kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pre eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Hasil data penelitian ini diperoleh dari nilai pretest dan posttest, dengan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t (paired sampel t test) diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 5.956 ≥ 2.110 dengan taraf Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan.
Copyrights © 2022