Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 4 No 2 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Wita Sari Anggraini (STKIP Al Islam Tunas Bangsa)
Herpratiwi (Universitas Lampung)
Rahayu Soraya (STKIP Al Islam Tunas Bangsa)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah masih rendahnya hasil belajar matematika di kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pre eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Hasil data penelitian ini diperoleh dari nilai pretest dan posttest, dengan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t (paired sampel t test) diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 5.956 ≥ 2.110 dengan taraf Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...