Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 4 No 1 (2022): Februari 2022

Efektivitas Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir Siswa Kelas 12 SMK Teuku Umar Semarang

khotimah, khusnul (Unknown)
Redjeki, Sri (Unknown)
Prihandoko, Tri Leksono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Tugas guru BK atau konselor sekolah yaitu membantu siswa untuk mempunyai keyakinan individu akan kemampuannya melakukan tugas-tugasnya dalam pemilihan dan perencanaan karir. Berdasarkan hasil AKPD yang didapatkan oleh guru BK SMK Teuku Umar masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam merencanakan karir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-efficacy karir siswa kelas 12 SMK Teuku Umar Semarang.Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen. Yaitu dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini adalah (1) Cinema therapy dalam bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan self efficacy kakrir siswa SMK Teuku Umar, terbukti pada pair 1 nilai mean pada post-test kelas eksperimen yaitu 87,00 lebih besar dari nilai nilai pre-test kelas eksperimen yaitu 60,80. Sedangkan pada pair 2 nilai mean pada post-test kelas kontrol yaitu 82,80 lebih besar dari nilai pre-test kelas kontrol yaitu 60,50. (2). Cinema therapy dalam bimbingan kelompok efektif dibanding bimbingan kelompok tanpa cinema therapay, terbukti pada pengujian t-test jumlah mean post-test kelas eksperimen (87,00) lebih besar dari post-test kelas kontrol (82,80).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...