BISMA Cendekia
Vol. 3 No. 1 (2022): BISMA Cendekia - September 2022

Pengaruh E-Service Quality Shopee terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa/Wi Politeknik Cendana

Candra, Jennifer (Unknown)
Siahan, Rina Friska B. (Unknown)
Ivone, Ivone (Unknown)
Lubis, Kartika Sari (Unknown)
Sulaiman, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Perkembangan teknologi seperti lahirnya internat yang memudahkan manusia dalam mencari atau mengakses informasi. Alat komunikasi seperti handphone, yang dapat juga digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online atau e-commerce, perbankan, edukasi dan lainnya dengan bantuan internet. Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce, di mana e-service quality menjadi salah satu pertimbangan dari kepuasan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa/wi Politeknik Cendana Medan. E-Service Quality didefinisikan sebagai perluasan di mana situs web memfasilitasi belanja, pembelian, dan pengiriman yang efisien dan efektif. Diukur persepsi pelanggan dengan indikator efficiency, fulfilment, system availability, privacy. Sedangkan, kepuasan pelanggan adalah sikap keseluruhan terhadap suatu barang atau jasa setelah pweolehan dan pemakaian. Dengan indikator kesesuaian, minat berkunjung kembali, kesediaan rekomendasi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif, dengan jumlah sampel 75 responden dari populasi sebanyak 300 orang di Politeknik Cendana dengan teknik pengambilan sampel mengunakan non probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil koefisien determinasi secara presentase adalah sebesar 14,3%. Maka dapat ditingkatkan e-service quality pada aplikasi maupun website Shopee untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope An objective of the BISMA Cendekia Journal is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The BISMA Cendekia is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of business ...