Perkembangan teknologi seperti lahirnya internat yang memudahkan manusia dalam mencari atau mengakses informasi. Alat komunikasi seperti handphone, yang dapat juga digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online atau e-commerce, perbankan, edukasi dan lainnya dengan bantuan internet. Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce, di mana e-service quality menjadi salah satu pertimbangan dari kepuasan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa/wi Politeknik Cendana Medan. E-Service Quality didefinisikan sebagai perluasan di mana situs web memfasilitasi belanja, pembelian, dan pengiriman yang efisien dan efektif. Diukur persepsi pelanggan dengan indikator efficiency, fulfilment, system availability, privacy. Sedangkan, kepuasan pelanggan adalah sikap keseluruhan terhadap suatu barang atau jasa setelah pweolehan dan pemakaian. Dengan indikator kesesuaian, minat berkunjung kembali, kesediaan rekomendasi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif, dengan jumlah sampel 75 responden dari populasi sebanyak 300 orang di Politeknik Cendana dengan teknik pengambilan sampel mengunakan non probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil koefisien determinasi secara presentase adalah sebesar 14,3%. Maka dapat ditingkatkan e-service quality pada aplikasi maupun website Shopee untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2022