JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 6 No 1 (2022)

Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Materi Pencemaran Air Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Peserta Didik

Anis Nurkhasanah Anis (Unknown)
Yuni Arfiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya efektifitas dan hasil belajar model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar kognitif dan berpikir kritis peserta didik. Jenis dari penelitian ini yaitu quasi experiment, dengan desain pretest dan postest controll group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al-Irsyad Kota Tegal tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji paired sample t-test, uji N-gain, dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran group investigation efektif terhadap hasil belajar kognitif mencapai nilai KKM 75% dan berpikir kritis peserta didik mencapai nilai KKM 60%. Terdapat perbedaan hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvesional dengan model pembelajaran group investigation dapat dilihat dari presentae ketuntasan peserta didik dimana pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen presentase ketuntasan 90% dan kelas kontrol 42%, berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen 75,66 dikategorikan kritis dan kelas kontrol 56,71 dikategorikan cukup kritis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...