Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, efektivitas metode pembelajaran science storytelling berbasis kearifan lokal pantai Muarareja dan respon peserta didik terhadap metode science storytelling berbasis kearifan lokal pantai Muarareja. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimrntal dengan desain pretest-posttest yang tak ekuivalen desain. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A sejumlah 32 peserta didik dan kelas VII C sejumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dan angket. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-gain. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05 menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil analisis uji N-gain pada kelas eksperimen sebesar 57,62% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode science storytelling berbasis kearifan lokal pantai Muarareja efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Respon peserta didik terhadap metode science storytelling berbasis kearifan lokal pantai Muarareja termasuk dalam kategori sangat tinggi.
Copyrights © 2022